Lembaga Donasi Online Griya Yatim dan Dhuafa - Yuk Tunaikan Zakat Maal

Zakat merupakan bagian dari harta kita yang diwajibkan oleh Alloh untuk diberikan kepada orang-orang miskin, karena pada hakikatnya harta itu adalah hak Alloh.

Yuk Tunaikan Zakat Maal

Lokasi Donasi Seluruh Indonesia

Sampai dengan Tanpa Batas Waktu



Bantu sebarkan program ini melalui sosial media

Zakat merupakan bagian dari harta kita yang diwajibkan oleh Alloh untuk diberikan kepada orang-orang miskin, karena pada hakikatnya harta itu adalah hak Alloh.

Zakat adalah salah satu kewajiban bagi seluruh umat islam yang telah ditetapkan dalam Al-Qur’an, Sunnah Nabi, dan ijma’ ulama. Zakat merupakan satu  dari lima rukun islam. Seringkali zakat disandingkan dengan sholat. Oleh karena itu, zakat sangat penting dalam islam. Sama seperti sholat.

Zakat tidak hanya sebagai sarana dalam mendekatkan diri kepada Alloh, Zakat memberikan inspirasi kepada setiap muslim yang mampu, untuk ikut membantu mensejahterakan saudara kita yang kurang mampu. Kurang nya pemahaman tentang zakat, terutama keutamaan-keutamannya, menjadi penyebab sebagian umat muslim merasa berat untuk menunaikan zakat. Terutama Zakat Maal

Zakat Maal (harta), seperti emas, perak, binatang, ladang perkebunan, dan barang perniagaan. Zakat mal ditunaikan oleh setiap umat muslim yang memiliki harta-harta tersebut, untuk membersihkan hartanya dari hak orang lain.

Ada beberapa ketentuan tentang harta (maal) yang harus dikeluarkan untuk zakat, Antara lain :

  1. Kepimilikan penuh, artinya harta tersebut bukan barang pinjaman, barang yang belum lunas, dan barang curian. Harta tersebut sepenuhnya dimilliki.
  2. Lebih dari kebutuhan biasa, artinya adalah sudah bukan kebutuhan pokok yang jika itu ditunaikan zakatnya maka akan tidak mencukupi untuk kebutuhan pokok
  3. Telah mencapai haulnya, artinya harta itu telah dimilliki selama genap satu tahun
  4. Telah mencapai Nishob, artinya harta yang dimiliki minimal senilai 85 Gram Emas. ( Harta yang disimpan berupa Tabungan Uang, Emas yang tidak menjadi perhiasan, Nilai barang yang diperniagakan )

Griya Yatim & Dhuafa merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional yang fokus dalam pendidikan anak-anak yatim dan dhuafa, serta berperan aktif dalam bidang Pendidikan, Sosial, Kemanusiaan serta menerima dan menyalurkan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf.

Donatur Penerimaan Lain

Donatur Online Fundraising

Bantu sebarkan program ini dengan menjadi Fundraiser (penyebar amal baik)

atau Anda bisa membantu menyebarkan kebaikan

Sosial media terkait program

Logo Griya Yatim dan Dhuafa

Griya Yatim dan Dhuafa